Pemeliharaan Lapangan Olahraga

Menjaga lapangan olahraga agar tidak cepat rusak adalah hal penting untuk memastikan keamanan para pemain, memperpanjang umur lapangan, dan menjaga kualitas bermain yang optimal. Berikut adalah beberapa langkah dan faktor penting dalam menjaga lapangan olahraga agar tetap dalam kondisi baik:

  1. Pemilihan Bahan Konstruksi yang Tepat: Pemilihan bahan yang tahan terhadap tekanan dan kondisi cuaca adalah langkah awal yang penting. Jenis rumput sintetis atau alami, jenis tanah, dan material lainnya harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang dimainkan di lapangan tersebut.
  2. Pemeliharaan Rutin: Pemeliharaan rutin seperti pemotongan rumput, penyiraman, dan perawatan umum lainnya sangat penting. Rutinitas ini akan membantu menjaga penampilan lapangan serta mencegah rumput mati atau lapangan menjadi tidak rata.
  3. Perawatan Drainase: Sistem drainase yang baik penting untuk menghindari genangan air yang bisa merusak permukaan lapangan. Pastikan drainase dalam kondisi baik agar air hujan cepat mengalir keluar dari lapangan.
  4. Penyaringan Pasir pada Lapangan Pasir: Lapangan olahraga seperti lapangan voli pantai atau sepak bola pantai yang menggunakan pasir perlu memiliki penyaringan pasir secara berkala untuk menghilangkan kotoran dan material asing.
  5. Pemantauan Terhadap Kerusakan: Lakukan pemeriksaan rutin terhadap lapangan untuk mendeteksi kerusakan awal. Segera perbaiki retakan kecil atau masalah lainnya sebelum mereka berkembang menjadi masalah yang lebih besar.
  6. Rotasi Area Bermain: Jika memungkinkan, rotasi area bermain dapat membantu mengurangi keausan di satu area tertentu dan membagi beban penggunaan lapangan secara merata.
  7. Penerapan Aturan Main: Tetapkan aturan bagi pemain dan pengunjung untuk memastikan perilaku yang menghormati lapangan. Contohnya, larangan merokok, makan, atau minum di lapangan untuk menghindari kontaminasi dan kerusakan.
  8. Penyimpanan Perlengkapan Olahraga: Jika ada perlengkapan yang ditinggalkan di lapangan, pastikan mereka disimpan dengan benar setelah digunakan untuk menghindari kerusakan.
  9. Pemeliharaan Khusus: Beberapa lapangan olahraga mungkin memerlukan perawatan khusus sesuai dengan jenis bahan dan olahraga yang dimainkan. Misalnya, lapangan tenis dengan permukaan aspal perlu perawatan tambahan untuk mengisi retakan dan menjaga kehalusan permukaan.
  10. Perbaikan Tepat Waktu: Jika ada kerusakan yang lebih serius, seperti retakan besar atau bagian lapangan yang rusak, segera lakukan perbaikan untuk mencegah masalah semakin parah.

Selain itu kami juga memiliki beberapa tips untuk perawatan lapangan olahraga agar tidak mengalami kerusakan yang parah, seperti di bawah ini.

Perawatannya:

  • Pengendara baik motor, sepeda bahkan kendaraan roda 4 dilarang masuk karena ban rawan membekas/menghitam. Disarankan parkir pada tempat yang disediakan.
  • Jika terdapat pohon besar disekitar lapangan biasanya rawan kotor, baiknya pembersihan disekitar pohon diperhatikan, cukup sikat dengan air + obat pel.
  • Untuk lapangan yang disewakan biasanya di area perumahan akan ada batas jam malam untuk kenyamanan penghuni disekitar lapangan.
  • Pengerjaan kedepan yg memungkinkan tukang membawa besi, misalnya renovasi pagar, renovasi lampu atau permainan yg terdapat besi/pasangan tiang basket, sebaiknya dilakukan hati hati agar tidak diseret meski cat akan kuat/tahan gesekan tapi biasanya membekas.
  • Pagar harap tidak untuk sandaran karena resiko rusak / lendong.
  • Perawatan berkala atau pergantian gembok kunci pintu pagar karena mungkin akan mengalami aus karena posisi di outdoor/terkena hujan.
  • Retak rambut pada lantai dipengaruhi oleh konstruksi beton, kekuatan pondasi beton dan juga mutu cor beton yang dipakai, biasanya retak terjadi di saat panas terik karena pemuaian.
  • Jika ada pell-boy (pembersih lapangan) bisa dijadwalkan untuk ngeroll air jika terdapat genangan kecuali jika hari sedang panas maka tidak perlu karena air segera menguap.
  • Hindari merokok di area lapangan (sebenarnya tidak pengaruh, jikapun lapangan menghitam kena abu rokok bisa cukup dilap saja) namun agar tercipta lingkungan sehat/agar tercipta citra lapangan yg bagus.
  • Penyewa malam biasanya dikenakan harga lebih mahal dr penyewa siang karena menggunakan listrik penerangan.
  • Dilarang menyalakan api unggun/bakar bakar di lapanganDengan menjalankan langkah-langkah di atas dan menjaga disiplin dalam perawatan lapangan, Anda dapat membantu memastikan lapangan olahraga tetap dalam kondisi baik dan tahan lama.

Dengan menjalankan langkah-langkah di atas dan menjaga disiplin dalam perawatan lapangan, Anda dapat membantu memastikan lapangan olahraga tetap dalam kondisi baik dan tahan lama. Kami CV. INDO RAYATAMA LAND dapat membantu Anda mengatasi masalah pada lapangan olahraga Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi dan penawaran lebih lanjut.

Hubungi:

Arya Wiratama
WA/Telp : 0812-1968-8811
EMAIL : [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.