Mengenal Rubber EPDM Lapangan

Rubber EPDM (Ethylene Propylene Diene Monomer) adalah jenis karet sintetis yang memiliki berbagai kegunaan, termasuk di lapangan olahraga. Rubber EPDM sendiri sangat populer dalam aplikasi lantai lapangan karena memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya adalah:

  1. Tahan Terhadap Cuaca: Rubber EPDM tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem, termasuk panas, sinar UV, hujan, dan salju. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk lapangan yang terpapar cuaca eksternal.
  2. Daya Tahan yang Baik: Rubber EPDM memiliki daya tahan yang baik terhadap aus, sobek, dan kerusakan fisik lainnya. Ini membuatnya dapat bertahan lama di lapangan olahraga yang sering digunakan.
  3. Aplikasi yang Fleksibel: Rubber EPDM dapat diaplikasikan dengan berbagai cara, termasuk digunakan sebagai bahan lapisan atas lapangan atau sebagai bahan pelapis untuk permukaan lapangan yang lebih keras.
  4. Ketersediaan dalam Berbagai Warna: EPDM tersedia dalam berbagai warna, yang memungkinkan pembuatan berbagai jenis lapangan olahraga dengan desain yang menarik dan identifikasi yang jelas.
  5. Dapat Dicampur dengan Beberapa Lainnya: EPDM sering dicampur dengan karet alami atau karet SBR (Styrene-Butadiene Rubber) untuk meningkatkan sifat-sifat tertentu seperti elastisitas, ketahanan aus, atau peredaman guncangan.
  6. Penggunaan yang Luas: Selain di lapangan olahraga, EPDM juga digunakan dalam berbagai aplikasi lain seperti atap datar, sistem lantai karet, sistem peredam getaran, dan banyak lagi.

 

Namun, setiap bahan selain memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari bahan Rubber EPDM untuk lapangan olahraga.

  1. Biaya Awal yang Tinggi: Salah satu kekurangan utama EPDM adalah biaya awal yang tinggi untuk pembelian dan instalasinya. Namun, biaya ini bisa diimbangi dengan daya tahan dan umur panjangnya.
  2. Tidak Sebaik Karet Alam dalam Beberapa Aplikasi: EPDM mungkin tidak memiliki sifat-sifat tertentu yang sama dengan karet alam dalam beberapa aplikasi, seperti peredaman getaran atau elastisitas tertentu.
  3. Pemeliharaan yang Diperlukan: Meskipun EPDM memiliki daya tahan yang baik, tetap diperlukan pemeliharaan berkala untuk menjaga kualitas permukaan lapangan. Ini mungkin melibatkan perbaikan atau pembaruan yang dapat menjadi biaya tambahan.
  4. Potensi Lengket: Dalam kondisi panas dan lembab, EPDM dapat menjadi sedikit lengket, yang dapat mempengaruhi kinerja dan kenyamanan pemain.

 

Dalam aplikasi lapangan olahraga, Rubber EPDM biasanya digunakan sebagai bagian dari permukaan lantai yang lebih tahan aus dan tahan lama. Misalnya, Anda dapat menemukan EPDM digunakan dalam lapangan tenis, lapangan atletik, lapangan bola basket, dan lapangan sepak bola mini. Hal ini memberikan pemain dan atlet permukaan yang aman dan responsif untuk bermain.

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan Rubber EPDM dalam lapangan olahraga memerlukan instalasi yang tepat dan perawatan berkala agar tetap dalam kondisi baik dan berfungsi dengan optimal. Selalu konsultasikan dengan ahli pembuat lapangan seperti kami atau produsen bahan untuk panduan yang tepat terkait aplikasi dan pemeliharaan EPDM dalam lapangan olahraga.

Informasi lebih lanjut hubungi kontak kami:

Arya Wiratama
WA/Telp : 0812-1968-8811
EMAIL : [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.