Mengenal Jenis Baja Lapangan Olahraga

Sebelumnya kemarin kami telah membahas tentang konstruksi baja lapangan olahraga. Bisa Anda simak ulasan sebelumnya pada artikel berikut ini. Nah, kali ini kami akan melanjutkan dalam pembahasan jenis-jenis baja lapangan olahraga.

 

kerangka-baja-lapangan-ahlipembuatlapangan.com

kerangka-baja-lapangan-ahlipembuatlapangan.com

Baja lapangan olahraga adalah jenis konstruksi baja yang dirancang khusus untuk membangun fasilitas olahraga, seperti stadion, arena, atau lapangan olahraga. Lantas banyak jenis baja yang harus disesuaikan untuk pembangunan lapangan.

Adapun beberapa jenis baja lapangan olahraga yang umum digunakan termasuk berikut:

  1. Baja Struktural: Baja struktural adalah jenis baja yang paling umum digunakan dalam konstruksi baja lapangan olahraga. Baja struktural memiliki kekuatan tinggi dan tahan terhadap beban yang berat. Baja struktural umumnya digunakan untuk membangun kerangka utama stadion, tribun, atap, dan struktur penyangga lainnya.
  2. Baja Pra-tegang: Baja pra-tegang (prestressed steel) adalah jenis baja yang diberi tekanan sebelum digunakan dalam konstruksi. Tekanan ini memberikan kekuatan tambahan pada baja dan memungkinkannya menahan beban yang lebih besar. Baja pra-tegang sering digunakan untuk membangun elemen struktural panjang dan ramping, seperti atap melengkung atau jembatan lapangan olahraga.
  3. Baja Canai Dingin: Baja canai dingin (cold-formed steel) adalah jenis baja yang diproses dengan membentuknya pada suhu kamar atau rendah. Baja canai dingin umumnya digunakan untuk elemen struktural yang lebih kecil dan non-berat, seperti bingkai dinding, partisi, dan penutup dinding di fasilitas olahraga.
  4. Baja Korosi Tahan: Baja korosi tahan atau baja tahan karat (stainless steel) adalah jenis baja yang tahan terhadap korosi dan reaksi kimia. Baja korosi tahan sering digunakan di lingkungan lapangan olahraga yang menghadapi paparan air, kelembaban tinggi, atau bahan kimia, seperti kolam renang, arena hoki es, atau fasilitas olahraga yang terletak di dekat laut.
  5. Baja Galvanis: Baja galvanis adalah baja yang dilapisi dengan lapisan seng untuk melindunginya dari korosi. Baja galvanis sering digunakan dalam konstruksi lapangan olahraga luar ruangan yang terkena cuaca ekstrem, seperti pagar, tiang penyangga, atau struktur pelindung.
  6. Baja Khusus untuk Kabel Jaring: Beberapa fasilitas olahraga, seperti lapangan golf atau lapangan tenis, menggunakan jaring sebagai elemen penting dalam desainnya. Baja khusus digunakan untuk menguatkan dan memperkuat kabel jaring ini, memberikan kekuatan dan ketahanan yang diperlukan untuk menahan beban dan tekanan.

Pemilihan jenis baja lapangan olahraga tergantung pada kebutuhan dan persyaratan spesifik dari proyek konstruksi serta lingkungan dan kondisi operasional dari fasilitas olahraga yang dibangun.

Jika mengalami kebingungan terhadap pembangunan lapangan yang tepat, dapat Anda konsultasikan kepada kami CV. Indo Rayatama Land dengan menghubungi kontak kami di bawah ini.

 

Hubungi:
Arya Wiratama
WA/Telp : 0812-1968-8811
EMAIL : [email protected]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.