Lapangan Basket Rumahan

Di Indonesia, lapangan basket biasanya dibangun sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan oleh Fédération Internationale de Basketball (FIBA) atau aturan basket lainnya. Oleh karena itu, dimensi lapangan basket di Indonesia akan mengikuti standar yang sama dengan lapangan basket internasional yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Dimensi lapangan basket yang paling umum digunakan di seluruh dunia adalah sebagai berikut:

  • Panjang Lapangan: 28 meter (94 kaki)
  • Lebar Lapangan: 15 meter (50 kaki)

Tinggi langit-langit atau atap di atas lapangan basket dapat bervariasi tergantung pada desain bangunan tempat lapangan basket tersebut dibangun. Jika Anda ingin menghitung volume ruang tertutup lapangan basket di Indonesia, Anda perlu mengalikan panjang, lebar, dan tinggi langit-langit atau atap di atasnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Ukuran lapangan basket itu sendiri tergantung pada kegunaan lapangan basket akan digunakan untuk apa. Bisa untuk basket kejuaraan, basket latihan, atau bahkan basket rumahan. Disini kami akan sedikit membahas tentang lapangan basket rumahan, yang digunakan biasanya hanya untuk keperluan pribadi atau sebagai fasilitas umum dalam suatu kompleks tertentu.

Lapangan basket rumahan atau lapangan basket pribadi adalah lapangan basket yang dibangun di properti pribadi seseorang, seperti di halaman belakang rumah atau di area yang lebih kecil. Lapangan basket rumahan seringkali memiliki dimensi yang lebih kecil daripada lapangan basket resmi yang digunakan dalam pertandingan kompetitif. Dimensi lapangan basket rumahan bisa bervariasi, tetapi berikut ini adalah beberapa rekomendasi umum:

  1. Ring Basket: Ring basket di lapangan rumahan biasanya ditempatkan pada ketinggian standar, yaitu 10 kaki (sekitar 3 meter) dari permukaan permainan.
  2. Tiang Basket: Tiang basket dapat dibangun dengan bahan yang kuat, seperti baja atau aluminium, untuk mendukung ring basket.
  3. Papan Basket: Papan basket seringkali terbuat dari akrilik atau bahan plastik yang tahan terhadap cuaca. Papan basket ini biasanya memiliki dimensi yang lebih kecil daripada papan basket resmi, seperti 42 x 72 inci (sekitar 107 x 183 cm).
  4. Lantai: Lantai di lapangan basket rumahan dapat terbuat dari beton, aspal, atau bahkan bahan khusus seperti permukaan olahraga bermain, seperti beton teraspal yang diperkeras dengan tujuan untuk bermain basket.
  5. Area Bermain: Luas area bermain di sekitar ring basket akan bervariasi tergantung pada ukuran lapangan rumahan. Beberapa lapangan rumahan hanya memiliki area kecil di sekitar ring basket, sementara yang lain mungkin memiliki area yang lebih besar untuk bergerak dan berlatih.
  6. Pengaturan: Lapangan basket rumahan dapat memiliki garis batas yang menandai tiga titik (three-point line) dan garis lemparan bebas, meskipun ini mungkin lebih opsional tergantung pada ruang yang tersedia.

Penting untuk diingat bahwa lapangan basket rumahan bisa disesuaikan sesuai dengan preferensi pribadi dan ukuran area yang tersedia. Banyak lapangan basket rumahan dibangun sebagai tempat bermain santai dan latihan pribadi, sehingga mereka mungkin tidak mengikuti spesifikasi yang sama dengan lapangan basket kompetitif. Selain itu, perizinan dan peraturan lokal juga dapat mempengaruhi cara Anda membangun lapangan basket rumahan di properti Anda agar menjadikan kenyamanan ketika digunakan saat berolahraga.

Kami CV. Indo Rayatama Land seringkali mendapatkan pekerjaan basket baik dalam skala besar hingga rumahan. Dengan tenaga ahli profesional dalam bidangnya, kami dapat melayani kebutuhan pembangunan juga renovasi lapangan yang Anda ingin kerjakan. Jangan sungkan untuk mengkonsultasikannya kepada kami sekarang juga.

 

Hubungi kami sekarang juga:

Arya Wiratama
WA/Telp : 0812-1968-8811
EMAIL : [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.