Kerangka Lapangan Olahraga Indoor

Lapangan olahraga tak hanya merujuk pada lapangan di luar ruang atau biasa disebut outdoor. Terdapat juga beberapa lapangan yang berada pada dalam ruang atau indoor. Lantas apa yang membedakan pembangungan lapangan indoor dengan lapangan outdoor?

Kerangka lapangan olahraga indoor biasanya terdiri dari beberapa komponen utama yang mendukung infrastruktur dan fungsi dari fasilitas olahraga tersebut. Sebagian besar lapangan olahraga indoor memiliki elemen-elemen berikut:

1. Permukaan Lapangan:

  • Tenis Indoor
    Bahan permukaan lapangan tenis dapat berupa karpet khusus, vinyl, atau bahkan permukaan keras seperti kayu.
  • Futsal/Sepak Bola Indoor
    Permukaan lapangan umumnya terbuat dari material sintetis atau rumput sintetis yang dirancang khusus.

2. Sistem Pencahayaan:

  • Pencahayaan yang baik sangat penting untuk lapangan olahraga indoor. Lampu khusus biasanya dipasang untuk memberikan cahaya yang optimal, menghindari bayangan yang mengganggu dan memastikan visibilitas yang baik bagi para pemain.

3. Sistem Ventilasi dan Pemanasan/Pendinginan:

  • Lapangan olahraga indoor memerlukan sistem ventilasi yang baik agar sirkulasi udara optimal, mencegah kelembapan berlebih, dan memastikan kenyamanan bagi para pemain. Pemanasan dan pendinginan juga diperlukan untuk menjaga suhu yang sesuai.

4. Garis dan Marka Lapangan:

  • Garis dan marka lapangan harus jelas terlihat, sesuai dengan standar olahraga yang dimainkan. Ini melibatkan pengecatan garis-garis yang tepat dan dapat terlihat dengan jelas.

5. Sistem Peredam Suara/Isolasi Suara:

  • Sistem isolasi suara sangat penting, terutama dalam olahraga seperti tenis, di mana suara bola yang memantul di sekitar lapangan dapat mengganggu para pemain. Peredam suara membantu mengurangi gangguan dan memastikan pengalaman bermain yang lebih baik.

6. Fasilitas Pendukung:

  • Ini dapat mencakup tempat duduk untuk penonton, area ganti, kamar mandi, dan area penjualan makanan/minuman.

7. Teknologi dan Sistem Pengukuran:

  • Beberapa fasilitas olahraga indoor dilengkapi dengan teknologi pengukuran seperti sistem pengukuran kecepatan bola, perangkat pemantauan kinerja atlet, atau sistem penilaian elektronik untuk olahraga tertentu.

8. Keamanan:

  • Sistem keamanan yang memadai, termasuk pencahayaan keamanan, kamera pengawas, dan perlindungan terhadap kecelakaan atau kejadian tidak diinginkan, diperlukan untuk keselamatan para pemain dan pengunjung.

Kerangka lapangan olahraga indoor sangat bervariasi tergantung pada jenis olahraga yang dimainkan. Dalam setiap kasus, penting untuk memastikan bahwa konstruksi dan desainnya sesuai dengan standar olahraga yang relevan dan memenuhi kebutuhan para pengguna lapangan. Kontraktor lapangan yang berpengalaman dapat mengetahui kondisi terbaik dalam pembangunan lapangan olahraga baik outdoor maupun indoor. Kami CV. INDO RAYATAMA LAND telah mengerjakan lapangan olahraga di hampir seluruh wilayah Indonesia. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan pekerjaan lapangan olahraga Anda kepada kami sekarang juga.

 

Hubungi:

Arya Wiratama
WA/Telp : 0812-1968-8811
EMAIL : [email protected]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.