Jenis Material Lapangan Olahraga

4 Jenis Material Lapangan Olahraga Yang Sering Digunakan

Saat ini tempat olahraga sudah dibangun sedemikian rupa agar masyarakat lebih nyaman dalam menggunakannya dan hidup sehat bisa dijalankan terus.  Untuk itu membangun lapangan olahraga tidak boleh asal-asalan.  Hal ini karena setiap lapangan memiliki jenis material lapangan olahraga yang berbeda.

Material lapangan olahraga ini ditentukan dari jenis olahraganya. Setiap cabor memiliki peraturan dan  bahan yang berbeda untuk menyesuaikan dengan model permainan dan juga tempatnya.

Vinyl  Material Yang Digunakan Pada Lapangan Indoor 

Lapangan yang menggunakan material jenis ini merupakan olahraga yang dilakukan di dalam ruangan.  Mungkin anda salah satu penggemar olahraga tenis, basket, futsal, dan beberapa olahraga lain yang dilaksanakan di dalam ruangan.

Material jenis ini memiliki permukaan yang memiliki anti slip, sehingga aman digunakan oleh pemain dan mengurangi cidera.  Material ini juga diakui oleh internasional sebagai bahan untuk membuat lapangan indoor. Jenis lantai ini memiliki tekstur yang elastis jadi tidak mudah rusak.  Selain itu, permukaan dari lantai ini ada dua yaitu kasar dan halus.  Bisa disesuaikan kebutuhan dari pengguna lapangan.

Lantai Interlock Indoor

Bahan dari lantai interlock sangat kuat dan memiliki daya tahan yang tinggi.  Penggunaan lantai ini karena materialnya yang awet dan tahan dari serangan serangga.  Penggunaan material ini tidak hanya untuk lapangan olahraga. Interlock bisa digunakan sebagai lantai area bermain anak.

Agar lantai tetap tahan lama, jenis material lapangan olahraga satu ini harus dirawat dengan alat pembersih khusus.  Anda harus memilih alat pel yang memiliki lapisan luar yang lembut agar tidak terjadi goresan pada lantai atau lapangan.

Cairan pembersih yang digunakan juga harus berbeda, hal ini karena penggunaan pembersih lantai biasa bisa membuat cat cepat luntur.  Untuk menghindari lapangan retak, hindari pembangunan di lapangan terbuka karena paparan sinar matahari secara langsung bisa membuat retakan pada lantai.

Penggunaan lantai Kayu Yang Estetik

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan lapangan kayu  yang digunakan di lapangan basket.  Olahraga yang mendesain lapangannya dengan material kayu hanya lapangan basket. Meskipun tidak semua, tetapi penggunaan material ini hanya untuk lapangan basket.

Penggunaan lapangan ini bukan tanpa dasar, FIBA sudah menetapkan material lapangan ini sebagai bahan international di olahraga basket.  Penggunaan lantai kayu  bisa meminimalisir cedera lutut pada pemain.

Penggunaan lapangan kayu ini juga karena bahannya yang memiliki kualitas tinggi.  Tidak hanya membuat pemain merasa aman tetapi material ini juga mendesain lapangan jadi lebih mewah dan elegan.

Lapangan Rumput Sintetis

Lapangan olahraga yang sering menggunakan  jenis material sintetis adalah sepakbola.  Rumput sintetis berhasil meniru rumput asli yang bebas perawatan. Bila anda menumbuhkan lapangan dengan rumput asli, maka biaya perawatannya akan lebih banyak karena material tersebut terus bertumbuh. Untuk rumput sintetis sendiri  tidak.

Permukaan yang elastis membuat anda yang berolahraga di atasnya tidak mudah terluka.  Bahan dari rumput sintetis ini berupa serat filmen yang mampu menyerupai bentuk rumput dan bagian bawahannya yang empuk mampu menyerap air.

Beberapa jenis material lapangan olahraga di atas sering digunakan untuk membuat lapangan baik  indoor, outdoor, dan semi indoor. Hal ini karena  semua material tersebut sudah diakui dan disahkan sebagai bahan yang bisa digunakan untuk membuat lapangan olahraga.  Terdapat juga beberapa jenis material lainnya untuk lapangan olahraga, disini. Anda bisa mencobanya sendiri dan menggunakan fasilitas olahraga yang sesuai dengan kegemaran anda.

Hubungi kami:

Hp: 081219688811
Email: [email protected]
Web: ahlipembuatlapangan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.