Fungsi Aspal Pada Pembangunan Lapangan Olahraga

Fungsi Aspal Pada Pembangunan Lapangan Olahraga

Dalam menentukan pembangunan lapangan olahraga maka owner dapat menentukan terlebih dahulu macam jenis lapangan yang akan difungsikan nantinya. Ini terbagi menjadi 4 macam dalam menentukan jenis lapangan yaitu jenis gravel, hardcourt, interlock dan grass, yang masing masing jenis lapangan terdapat finishing atau top layer nya yang mendukung lapangan itu sendiri.

Dalam artikel kali ini kami berfokus dalam pembahasan Aspal dimana finishing aspal terdapat pada jenis lapangan hardcourt yang paling banyak diminati dari customer dengan anggaran lebih dan akan kami susun kelebihan dan kelemahan memakai finishing aspal pada lapangan olahraga pada jenis lapangan hardcourt ini.

Fungsi dan Manfaat Aspal pada lantai Lapangan Olahraga, yaitu:

  1. Sebagai bagian perkerasan utk menahan gaya lintang dr beban di atas permukaan aspal/ kuat tekan, maka ini menjadi suatu kelebihan tersendiri bagi Lapangan Olahraga yg difungsikan juga utk parkir kendaraan atau pada lapangan Multifungsi misalnya di pabrik utk membuat lapangan olahraga multifungsi sebagai lahan parkir, atau bisa juga utk di Sekolah yang lahan parkirnya juga difungsikan menjadi lapangan olahraga.
  2. Sebagai lapisan kedap air untuk melindungi lapangan dr kerusakan yang timbul akibat cuaca, dengan adanya lapisan aspal maka beton yang sudah retak bisa diminimalkan dengan adanya aspal karena lapisan aspal menyebarkan beban ke bagian bawah struktural beton dan menahan gaya tarik/kuat tarik karena permukaannya yang elastis.
  3. Sebagai lapisan aus (wearing course) yaitu mengamankan perkerasan dari pengaruh air, menyediakan permukaan yang halus, menyediakan permukaan yang kesat, dan hal ini bagus diaplikasikan jika pengecoran awal masih kasar atau belum ada kemiringan leveling lantai maka bisa juga menggunakan lapisan aspal utk meleveling lantai atasnya supaya miring dan air bisa keluar lantai lapangan dengan kualitas yg lebih baik daripada peluran cor yang tipis yang rentan retak.

Kelemahan Finishing Aspal

  1. Lantai tidak bisa langsung digunakan siang hari dalam jangka 1bulan, karna sepatu akan terasa lengket pada awalnya apalagi jika lapangan diguanan untuk olahraga pada siang hari.
  2. Biaya yang lebih mahal daripada peluran cor.
  3. Material yang susah didapatkan di sebagian tempat mengharuskan ahli pembuat lapangan mengerjakannya dengan cara manual dan memakan waktu yang lama +- 3minggu utk 1 unit lapangan tenis misalnya.

Jika Anda ingin mengetahui apa saja finishing selain aspal pada jenis lantai lapangan hardcourt maka Anda bisa baca juga finishing lainnya di sini:
Macam Jenis Finishing Hardcourt, yaitu:
– Finishing Flexipave
– Finishing Aspal
– Finishing Rubber Cushion
– Finishing Rubber EPDM

Konsultasi dan Order Jasa Ahli Pembuat dan Renovasi Lapangan silahkan hubungi kami di:

0812-1968-8811 (Telp/WA)

email: [email protected]

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.