Mengetahui Lebih Jauh Tentang Tenis Lapangan

Tenis Lapangan adalah salah satu cabang olahraga bagian bola kecil yang dalam satu lapangan dibatasi oleh sebuat net/jaring dan terdiri dari 2 orang atau 2 pasang pemain yang saling berhadapan.

Tujuan dari tenis lapangan adalah memukul bola dengan alat yang bernama raket hingga lawan tidak dapat mengembalikan bola yang anda beri dan mempertahankan daerah sendiri dari lawan untuk memenangkan suatu pertandingan.

Sejarah Tenis Lapangan

Menurut beberapa orang ada yang bilang olahraga tenis telah dimainkan pada zaman Yunani Kuno, dan ada yang bilang sudah ada sejak saat zaman Mesir Kuno.

Tetapi bukti lebih mengarah kepada Perancis, dimana pada sekitar abad ke-12 Masehi, olahraga seperti tenis lapangan sudah dimainkan disana. Hanya saja pada saat itu mereka belum menggunakan alat pemukul atau raket, melainkan memakai tangan sebagai alat pemukul.

Olimpiade Tenis Lapangan pertama diselenggarakan pada tahun 1896. Dengan perkembangan tenis yang sangat pesat, dibentuklah ITF (International Tennis Federation) yang memiliki jumlah anggota 205 asosiasi Tenis Nasional dan bermarkas di London, Inggris.

Teknik Dasar Tenis Lapangan

  1. Teknik Memegang Raket

Dalam bermain Tenis Lapangan, dibutuhkan teknik memegang raket yang baik dan benar agar dapat memaksimalkan sebuah pukulan. Dan berikut adalah beberapa macam teknik memegang raket.

  • Continental Grip, teknik ini sudah ada sejak zaman awal terbentuknya permainan tenis lapangan, yang dilakukan dengan cara posisi tangan berada diatas gagang raket.
  • Western Grip, pada saat melakukan topsin, sangat dianjurkan untuk memakai pukulan ini. Dimana yang dilakukan dengan memegang raket layaknya seperti memegang sebuah panci.
  • Forehand Eastern, teknik ini biasanya cocok disarankan untuk dipakai para pemula. Karena teknik yang mudah, dengan memegang raket seperti sedang berjabat tangan.
  1. Teknik Servis

Servis adalah teknik dimana awalan yang dilakukan untuk memulai sebuah pertandingan. Untuk beberapa tekniknya adalah sebagai berikut:

  • Flat Serve, teknik yang menghasilkan pukulan keras serta cepat.
  • Slice Serve, teknik yang sangat mematikan bagi para lawan dengan cara mengejutkan lawan sehingga sulit bagi lawan dalam mengembalikannya.
  • Kick Serve, teknik ini dilakukan dengan cara melakukan melempar bola sampai ke atas kepala lalu memukul bola dengan keras.
  • Twist Serve, hampir sama dengan Kick Serve, hanya saja teknik ini dalam mengayunkan raket lebih jauh lagi.
  1. Teknik Pukulan

  Untuk beberapa teknik pukulan ada beberapa yang harus diketahui, seperti berikut dibawah ini:

  • Pukulan Lob, teknik yang dipakai untuk membuat lawan kesusahan dalan mengambil bola dengan melambung sedikit tinggi diatas net.
  • Pukulan Voli, pukulan ini sangat bagus dilakukan jika anda menerima bola dari lawan dengan jarak dekat dengan net.
  • Pukulan Overhead Smash, sama halnya dengan pukulan voli, pukulan ini dilakukan untuk menerima bola dari lawan jika jarak anda dekat dengan net.
  • Pukulan Chop, teknik ini dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dari atas ke bawah agar menciptakan pukulan yang sangat keras.
  • Pukulan Forehand, untuk pengguna tangan kanan teknik ini dilakukan jika bola datang dari kanan
  • Pukulan Backhand, digunakan pula untuk pengguna tangan kanan, dilakukan jika bola datang dari arah kiri.

Sekilas adalah sedikit ringkasan dari olahraga Tenis Lapangan yang bisa anda ketahui. Olahraga ini sangat populer di kalangan sebagian orang. Sehingga banyak Lapangan Tenis yang disewakan untuk para penggemar olahraga ini.

Kalau anda ingin mempunyai sebuah lapangan tenis tersendiri, atau untuk lapangan tenis dalam tempat kerja, sekolah, dsb. Anda bisa langsung menghubungi admin kami di ahlipembuatlapangan.com

Anda akan kami bantu sepenuhnya dengan pengerjaan yang telah profesional dalam menangani pembuatan lapangan selama bertahun-tahun. Untuk info lebih lanjut segara kontak kami.

 

Silahkan hubungi Jasa kami dalam pembuatan atau renovasi Lapangan Tenis pada :
Hp: 081219688811
Email: ahlipembuatlapangan@gmail.com
Web: ahlipembuatlapangan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *